PROGRAM STUDI-TEKNOLOGI REKAYASA PERMESINAN KAPAL

Program Studi-Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal

Program Studi Teknika Mendidik dan melatih taruna untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar (Samudra) bidang keahlian Mesin Kapal, mempersiapkan tenaga ahli madya yang ahli dalam bidang pengoperasian mesin induk kapal, mesin bantu kapal, kelistrikan kapal, elektronik dan sistem kontrol kapal, pencegahan polusi di laut, perawatan permesinan kapal, dan penanganan keadaan darurat di kamar mesin.

Tugas dan tanggung jawab adalah agar dapat mengoperasikan serta memelihara mesin kapal selama kapal berlayar sampai tujuan dengan aman.

Ijazah yang diberikan untuk jurusan Permesinan Kapal (TRPK) adalah :
– Ijazah Akademik : Diploma III (A.Md) Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 466/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/2014

– Ijazah Profesi : ATT III (Ahli Teknika Tingkat III) Certificate of Approval No. PK.303/26/20/DK-17

Puncak Karir lulusan Program Studi Permesinan Kapal (Teknika) di kapal adalah Kepala Kamar Mesin (KKM) Pelayaran Samudra dengan ijazah ATT I (Ahli Teknika Tingkat I) dengan gelar M.Eng. (Master Enginering) setara S.2

Sistem pendidikannya adalah menggunakan sistem kredit semester dengan total kredit tiap jurusan 110 – 120 SKS. Dibawah ini merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.
– Semester I,II,III,IV : Kuliah teori, praktikum laboratorium di darat (Kampus dan Pelabuhan)
– Semester V,VI : Praktek berlayar di Kapal (untuk pelayaran dalam negeri maupun luar negeri)

Sebelum praktek wajib mengikuti Diklat Departemen Perhubungan (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut).
– BST (Basic Safety Training)
– PSCRB (Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat)
– TF (Tanker Familiarization)
– Engine Watchkeeping (Ahli Teknika Tingkat Dasar)
– Buku Pelaut dari Syahbandar
– Paspor dari Imigrasi, bagi taruna yang berlayar ke luar negeri

Visi program studi Permesinan Kapal (TRPK) :

”Menjadi pusat pendidikan vokasi dibidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) dan IPTEKS Kelautan yang menghasilkan lulusan yang kompeten, dan profesional yang berstandar internasional”.

Misi program studi Teknika adalah :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dibidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang kompeten, professional dan berkualitas yang berstandar Internasional.
  2. Melaksanakan penelitian bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  4. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas lulusan di bidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  5. Membentuk mahasiswa yang kompeten dibidang Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) dan memiliki jiwa Entrepreneurship dibidang kemaritiman.

Tujuan Program Studi Permesinan Kapal (TRPK) adalah :

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga Menghasilkan SDM yang kompeten,professional dan berkualitas dalam bidang kelautan yang berstandar Internasional.
  2. Terwujudnya penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan.
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan.
  4. Terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk menjadi pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan.
  5. Terwujudnya tatakelola program studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal Fakultas Vokasi Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya berbasis SPMI.
BROSUR Permesinan Kapal (Teknika)

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *