Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim

Program Studi Manajemen Pelabuhan Dan Logistik Maritim (MPLM)

Skep Direktur PDP Nomer: Kep/423/UHT.B0.PDP/VII/2017

Memiliki potensi Besar dalam perkembangan dunia pelayaran nasional maupun internasional, khususnya di dalam negeri. Lulusan MPLM yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang mumpuni, menguasai tata kelola dan administrasi perusahaan pelayaran, menguasai logistik bisnis pelayaran dan pemasaran bisnis pelayaran, tentunya dapat melakukan perubahan besar di dunia maritim nasional sebagai pengatur sistem dalam dunia kerja kemaritiman.

MPLM (Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim) Lulusan : Sarjana (S.Tr.Tra) telah mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT dengan Nomor: BAN PT No. 9053/SK/BAN-PT/Ak-BPN/STr/XI/2022 dengan nilai Terakreditasi “Baik Sekali”.

Sistem Pendidikan menggunakan sistem kredit semester dengan total kredit 110 – 120 SKS. Dibawah ini merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.
  • Semester I,II,III,IV,V,VI: Kuliah teori dan praktikum Laboratorium di darat (Kampus & Pelabuhan).
  • Semester VII  :praktek darat di perusahaan pelayaran.
  • Semester VIII : Kuliah teori

Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) adalah mendidik dan melatih para lulusan SMU/SMK/MA untuk menjadi ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga/Administrasi Angkutan Laut & Pelabuhan

Visi program studi Manajemen Pelabuhan (MPLM)

“Menjadi pusat pendidikan vokasi dibidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) dan IPTEKS Kelautan yang menghasilkan lulusan yang kompeten, dan profesional yang berstandar internasional.

Misi program studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga adalah : 

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dibidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang kompeten, professional dan berkualitas yang berstandar Internasional.
  2. Melaksanakan penelitian bidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  4. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas lulusan di bidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) yang berbasis IPTEKS Kelautan..
  5. Membentuk mahasiswa yang kompeten dibidang Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (MPLM) dan memiliki jiwa Entrepreneurship dibidang kemaritiman.

Tujuan Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga adalah :

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga Menghasilkan SDM yang kompeten,professional dan berkualitas dalam bidang kelautan yang berstandar Internasional.
  2. Terwujudnya penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  4. Terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk menjadi pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  5. Terwujudnya tatakelola program studi Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim Fakultas Vokasi Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya berbasis SPMI

Sasaran Mutu Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga meliputi :

  1. Lulusan bekerja / berkarya sesuai bidangnya dalam 3 (tiga) bulan pertama setelah lulus, minimal 80%
  2. Lulusan memiliki IPK ≥ 3.00 minimal 80%
  3. Lulusan memiliki TOEFL minimal 450
  4. Lulusan menguasai aplikasi Teknologi Informasi
  5. Prosentase lulus tepat waktu minimal 80%
  6. Indeks Kinerja Akademik Dosen ≥ 3.00 skala (1 – 4 )

 

BROSUR Manajemen Pelabuhan MPLM

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *