Masjid dan Mushola

Masjid dan Mushola

Masjid kampus memiliki peran strategis dalam membangun dan membentuk karakter mahasiswa untuk peradaban Indonesia yang unggul. Dengan adanya masjid kampus diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk pengembangan kompetensi diri, memupuk dan memperkuat karakter diri melalui kajian-kajian keagamaan islam, peribadatan maupun sebagai pusat syiar islam kepada masyarakat luas.

Mohammad Nuh, sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pernah menjelaskan tentang peran penting masjid dalam sebuah perguruan tinggi.  Sedikitnya ada tiga diantaranya:

Peran pertama, adalah pencipta atmosfir kesejukan. Kalau atmosfir sejuk tanaman akan tumbuh dengan baik. Benih-benih kemuliaan akan tumbuh subur.

Peran kedua, adalah masjid kampus harus ikut terlibat dalam proses menanam dan menyemai benih-benih kemuliaan. Masjid kampus dapat berperan serta mulai dari hal-hal seherhana seperti membantu proses pendaftaran mahasiswa baru, memberi informasi tempat kos, membantu mencari informasi keringanan biaya kuliah, bimbingan awal akademik, terlibat dalam pendidikan keagamaan dan hal lainnya.

Peran ketiga, yang tidak kalah pentingnya adalah ikut mencari benih kebaikan. Mendikbud mengungkapkan bahwa masjid kampus bisa memberikan layanan bagi anak-anak sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah sebab mereka adalah benih-benih yang luar biasa. Mendikbud berpesan agar masjid kampus juga dapat memberikan manfaat untuk semua warga kampus, tidak hanya bagi yang satu akidah. Masjid kampus jangan sampai hanya bisa dirasakan satu spektrum, siapaun hendaknya bisa merasakan manfaat Masjid Kampus. (BY, Reporter Birohmah News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *