PROGRAM STUDI- TEKNOLOGI REKAYASA OPERASI KAPAL

Program Studi – Teknologi Rekayasa Operasi Kapal

Apa itu Teknologi Rekayasa Operasi Kapal ? pertanyaan yang cukup menarik karena banyak dari kita yang tidak mengetahui Apa Itu Teknologi Rekayasa Operasi Kapal?, dan memang kata tersebut sangat asing bagi mayoritas pemuda dan pemudi bahkan masyarakat pada umumnya. Nah kalo kita lihat dalam segi Bahasanya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

Teknologi Rekayasa Operasi Kapal/nau·ti·ka/ n =  ilmu tentang kelautan atau pembuatan kapal

Mungkin lebih tepatnya seperti ini nih : Ilmu Nautika adalah Ilmu/Studi yang berkaitan dengan seni dan sains tentang pengoperasian kapal (bagian dek kapal). Atau suatu bidang ilmu dimana kita akan mempelajari bagaimana belayar dan mengemudi (membawa) kapal.

Pengertian Nautika di dalam Progam Studi – Studi TROK-FAKULTAS VOKASI PELAYARAN Universitas Hang Tuah Surabaya

Mendidik taruna agar mampu menguasai konsep teoritis, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan kemudian menganalisa data, Mampu menyelesaikan masalah prosedural, Mengelola kelompok kerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri maupun kelompok. Yang paling utama taruna di didik dan dilatih dan latih agar memiliki kompetensi sebagai Perwira Jaga Navigasi di pengendalian kapal, dan mampu menjadi Nahkoda pada kapal dibawah 1.500 GT Near Coastal Voyage. Lulusan akan mendapatkan kompetensi ANT-III dan Ijazah Sarjana Terapan Nautika.

Ijazah yang diberikan untuk Program Studi – Studi Nautika adalah :
  • Ijazah Akademik : Sarjana (S.Tr.Tra), ANT III Berdasarkan Keputusan BAN PT No. 6339/SK/BAN-PT/Ak-BPN/STr/IX/2022
  • Ijazah Profesi : ANT III (Ahli Nautika Tingkat III) Certificate of Approval No. 303/26/19/DK-17
Puncak karir lulusan Jurusan Studi Nautika di kapal adalah Captain/Nakhoda pelayaran samudra dengan ijazah ANT I (Ahli Nautika Tingkat I) dengan gelar M.Mar (Master Maritim) setara S.2
Sistem Pendidikan menggunakan sistem kredit semester dengan total kredit 110 – 120 SKS. Dibawah ini merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.
  • Semester I,II,III,IV : Kuliah teori dan praktikum Laboratorium di darat.
  • Semester V-VI : Praktek berlayar di Kapal (untuk pelayaran dalam dan luar negeri)
  • Semester VII-VIII : Kuliah teori .
Sebelum praktek wajib mengikuti Diklat Departemen Perhubungan (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut).
  1. BST (Basic Safety Training)
  2. PSCRB (Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat)
  3. TF (Tanker Familiarization)
  4. Deck Watchkeeping (Ahli Nautika Tingkat Dasar)
  5. Buku Pelaut dari Syahbandar
  6. Paspor dari Imigrasi, bagi taruna yang berlayar ke luar negeri

Visi program studi – Studi Nautika :

Menjadi pusat pendidikan vokasi dibidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) dan IPTEKS Kelautan yang menghasilkan lulusan yang kompeten, dan profesional yang berstandar internasional

 Misi program studi TROK adalah :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dibidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang kompeten, professional dan berkualitas yang berstandar Internasional.
  2. Melaksanakan penelitian bidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  4. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas lulusan di bidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) yang berbasis IPTEKS Kelautan.
  5. Membentuk mahasiswa yang kompeten dibidang Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) dan memiliki jiwa Entrepreneurship dibidang kemaritiman.

Tujuan Program Studi Nautika adalah :

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis IPTEKS Kelautan, sehingga Menghasilkan SDM yang kompeten,professional dan berkualitas dalam bidang kelautan yang berstandar Internasional.
  2. Terwujudnya penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  4. Terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan dengan stakeholder untuk menjadi pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia Kelautan
  5. Terwujudnya tatakelola program studi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal Fakultas Vokasi Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya berbasis SPMI
BROSUR Studi TROK DOWNLOAD

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *