FVP_News

Hari Senin 22-April-2024 hari pertama masuk kuliah & kegiatan perkuliahan di mulai, civitas akademika Fakultas Vokasi Pelayaran, mengadakan Halal Bi Halal Bersama Taruna-Taruni & Staff Batalyon.

 

Kegiatan BUKA BERSAMA CIVITAS AKADEMIKA & TARUNA-TARUNI Fakultas Vokasi Pelayaran, dengan rangkaian acara, Musik Hadra dari Taruna-Taruni, Tauzi’ah Qultum, Sholat Berjama’ah dan di lanjutkan Buka bersama.

Rabu 27-Maret-2024 Fakultas Vokasi Pelayaran dengan PT ADARO LOGISTIC, Bekerjasama Rekrutmen Pegawai untuk Taruna/i OPEN RECUITMEN & WALKING INTERVIEW, dari Fakultas Vokasi Pelayaran Hang Tuah untuk lulusan Fresh Graduate.

Acara Senin 18-Maret-2024 kegiatan dosen dan tendik untuk apel pagi dalam rangka penyematan pin Prestasi Taruna/i, yang di buka oleh Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran Hang Tuah.

Sabtu 16 Maret 2024 tim drummband Gita Jalasena Fakultas Vokasi Pelayaran Hang Tuah, mebuka acara APT Universitas Hang Tuah dengan, pertunjukan Sebelum acara di mulai tim assesor disuguhi pertunjukan genderang Gita Jalasena dari Fakultas Vokasi pelayaran.

Surabaya, 15 Maret 2024, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan, menyambut Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berkunjung ke Fakultas Vokasi Pelayaran Hang Tuah, Hadir sebagai Tim Asesor adalah Prof.Dr. Dewi Susanna, Dra. M.Kes (UI), Prof., Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc (IPB), Prof. Dr. FR, Mella Ismelina Farma Rahayu. S.H., M.Hum (UNTAR), serta Adi Putro Hastariyadi, S.Pd., MM sebagai staf BAN-PT. Turut hadir secara daring Prof. Dr. Drs. L. Poltak Sinambela, M.M. Kegiatan assessment Lapangan.

Pada hari kamis tanggal 7-maret-2024 pertama di mulainya, laporan magang di Prodi Manajemen Pelabuhan & Logistik Maritim (MPLM) sampai dengan selesai 28-maret-2024. pada Taruna tingkat akhir smtr VIII selesai kegiatan Prada (Praktek darat).

Kuliah Tamu dari alumni Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT dari Capt.Adhitya Shita P,M.Mar.Eng, Capt.Andi Merik A, M.Mar, Riska Hery P,M.Mar.Eng dengan tema “Peluang Kerja Bagi Pelaut Pemula”.

  Capt.Andi Merik A, M.Mar

Riska Hery P,M.Mar.Eng

Capt.Adhitya Shita P,M.Mar.Eng

Bersama Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran memberikan sebuah sertfikat untuk Alumni yang memberikan Kuliah Tamu dengan tema “Peluang Kerja Bagi Pelaut Pemula”

Dilanjtukan dengan foto bersama-sama Alumni dan Taruna Fakultas Vokasi Pelayaran.

 

Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT mengadakan kegiatan pelatihan dari ITF berlangsung 3 hari mulai rabu tanggal 28-1 maret 2024.

Hari Rabu 28-Februari-2024 Hari Ke 1

Pembukaan Oleh Bapak REKTOR Universitas Hang Tuah Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR

Penanda tanganan MOU / KS Pihak ITF Dr.Syed Asif Altaf Chodhury,MD.,MPH. dengan Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran Djamaludin Malik,SE.,MAP,ANT-II

Serta di lanjutkan foto bersama pembukaan pelatihan di hari ke 1

Hari Ke-2 TRAINING OF TRAINER-MENTAL HEALTH AND STRESS MANAGEMENT-FAKULTAS VOKASI PELAYARAN-UHT

Hari Ke-3 Jum’at 1 Maret 2024 TRAINING OF TRAINER-MENTAL HEALTH AND STRESS MANAGEMENT-FAKULTAS VOKASI PELAYARAN-UHT Bersama TARUNA FAKULTAS VOKASI PELAYARAN-UHT

Selesai ibadah sholat jum’at TRAINING OF TRAINER-MENTAL HEALTH AND STRESS MANAGEMENT (ITF) memberikan bimbingan arahan kepada Taruna di Gedung Serbaguna UHT

TRAINING OF TRAINER-MENTAL HEALTH AND STRESS MANAGEMENT (ITF) Sesi terakhir penyerahan sertifikat peserta kepada FAKULTAS VOKASI PELAYARAN.

Jum’at 2-Februari-2024 Kunjungan & Kerjasama PT.Golden Surabaya.

Kamis 21-Desember-2023 Kunjungan dr kementrian perdagangan & Sosialisasi utk kerjasama LSP dengan Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT.

Senin 18-12-2023 Dosen-Dosen Fakultas Vokasi Pelayaran mengikuti Workshop Akreditasi LAM Teknik Oleh : Dr.Ir. Era Purwanto, M.Eng

Jum’at 15-12-2023 Pembukaan LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan ) Di Buka Oleh, Dekan Faklutas Vokasi Pelayaran-UHT di lapangan Upacara, Fakltas Vokasi Pelayaran-UHT.

Dilanjtukan kegiatan persiapan peralatan untuk kegiatan LDK Oleh Taruna & Staff Batalyon.

Sabtu 16-12-2023 Kegiatan pengarahan oleh Dosen Bapak Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si.., M.Tr.Opsla.

Dilanjutkan dengan kegiatan outbond di dampingi oleh staff batalyon FVP & Perwira Batalyon.

Acara hari minggu dilanjtukan dan di tutup oleh Bapak Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Ir Sudirman, S.IP., SE., M.AP., MH.

Jum’at 15-12-2023 Kedatangan Tamu dari Diktapel mengadakan Survailance, Ke Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT.

Kuliah Tamu dari Alumni FVP-UHT di buka oleh Bapak Dekan, di hadiri oleh semua Taruna dan Staff Batalyon untuk ikut serta dalam kuliah tamu oleh Capt.Arifki Hadi.

Jum’at 1 desember 2023 Sertijab & Sertilat Staff Batalyon Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT.

 

Jum’at 24-11-2023 kegiatan kunjungan dari ITF & KPI di buka, oleh Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT dan di hadiri beserta seluruh Wakil Dekan, Dosen Fakultas Vokasi Pelayaran- UHT.

Dilanjutkan Photo Bersama Dekan Serta WD dari Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT.

Selasa 21-11-2023 penjajakan MoU dengan PT.Pelindo Dan kunjungan ke divisi pelayanan kapal pelindo.

Senin 20-11-2023 upacara kenaikan satu tingkat, di pimpin oleh Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran.

Prodi TROK

Prodi TRPK

Prodi MPLM

Rabu 15-11-2023 Fakultas Vokasi Pelayaran ada kunjungan dari Redriku, di sambut oleh Bapak Dekan berserta Dosen FVP-UHT.

 

Hari pertama Pelatihan Ekspor-Impor & Simulasi, Kementrian Perdagangan di buka oleh Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT.

Minggu 5-11-2023 Taruna FVP ikut serta Drumband Parade Surabaya Juang 2023 FVP UHT.

 

Pada Hari Sabtu 4-11-2023 Taruna FVP ikut serta dalam acara  gerak jalan perjuangan Mojosuro 2023 FVP UHT.

Hari Kamis kegiatan undangan dari PT.Spil jalan karet perihal penjajakan kerjasama Utk magang MPLM dan magang MBKM, penelitian eksternal,praktisi mengajar,dan dosen mengajar

Kegiatan hari kamis 12-10-2023 PKS dg PT. LotusPrakasa Line.

BON VOYAGE Ke-58 Taruna / Taruni selasa 4-10-2023 berjalan dengan sukses dan lancar.

Kegiatan Barakuda Renang & Selam di pandu oleh Coach Kodikopsla, TNI-AL mulai Tanggal 27,28,29 dan 1 Oktober 2023.

Hari Rabu 12-09-2023 Kegiatan Pembekalan PRALA Prodi TROK & TRPK, di Buka Oleh Bapak Dekan FVP dan WD I, WD II, WDIII, Ka.Prodi dan Perwira Prada Prala.

Pada hari kamis tanggal 7-09-2023, FVP di undang oleh Acara yang di hadiri oleh Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. “Indonesia Marketing Festival 2023–Entrepreneurial Marketing”.

Pembukaan hari kuliah pertama FVP, di adakan kegiatan Apel Pagi bersama dan penyematan Taruna/i Terbaik di FVP.

Sabtu 2 Septermber Prodi TROK & TRPK Pengabdian Masyarakat, Keluharan Keputih.

Upacara Penutupan Prodammaba 2023, di Pimpin oleh Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran UHT.

Kegiatan PRODAMMABA 2023 Penerimaan Taruna/i Baru, di Sambut oleh Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran.

Kedatangan Tamu dari Google, bersama tim promosi Fakultas Vokasi Pelayaran untuk menrencanakan kedepan promosi ke luar kota dan dalam kota.

 

Kegiatan Bulan Pengabdian Masyakat UHT, Prodi MPLM melaksanakan kegiatan di Kelurahan Keputih – Kec. Sukolilo, Surabaya.

Selasa 22 Agustus 2023 bertepatan di Fakultas Vokasi Pelayaran UHT, Kegiatan IWP-UHT Ikatan Wanita Persatuan.

di hari 17-08-2023 peringatan hari KEMERDEKAAN RI ke 78, Corps Drummband Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT, turut serta mengikuti upacara di LLDIKTI Wilayah VII- Jatim.

 

Kegiatan RAPAT PERSIAPAN PENGABDIAN MASYARAKAT. di Kelurahan Keputih Kec. Sukolio – Surabaya.

Hari Ke-4 kegiatan ekspor-impor Trainer oleh PT EDII.

Pada hari rabu 26-7-2023 kegiatan mengikuti acara kuliah tamu dari Ditkapel, di hadiri oleh seluruh dosen FVP.

Rapat Pengmas Ka.Pusbin dengan Sek.Prodi TROK, TRPK, MPLM.

Hari Ke-3 kegiatan ekspor-impor di lanjutkan dan bimbingan oleh PT EDII.

 

Hari Ke-2 kegiatan ekspor-impor di lanjutkan dan bimbingan oleh PT EDII.

Senin 24-Juli-2023 hari pertama di buka oleh Bapak Dekan Fakultas Vokasi Pelayaran Prodi MPLM, sedang mengadakan kegiatan pelatihan kepada Taruna MPLM, yaitu pelatihan ekpor/impor dari PT EDII, mengukan aplikasi cloud yang di perbarui dari PELINDO.

Kegiatan Sosialisasi Upgrade HkI oleh Narasumber Dr. Tri Rusti Maydrawati,SH,MH dari Ka Pusat K3I UHT.

Tim EDI II Tinjau Lokasi Lab ekspor impor, MPLM FVP untuk melakukan kegiatan Pelatihan Ekspor Impor.

Kamis 20-Juli-2023 kunjungan Tim Love Suroboyo Explore Fakultas Vokasi Pelayaran, dengan bertemu Dekan FVP untuk explore FVP.

Pengambilan shoot film di Lab Ekspor/Impor dan CBT.

Pengambilan shoot di Workshop Permesinan Kapal.

Pengambilan shoot di simulasi penurunan jangkar kapal.

Pada hari sabtu 15-16 Juli 2023 kegiatan sarahsehan kurikulum Dekan beserta dosen tendik tiga prodi TROK,TRPK dan MPLM di Hotel Arayanna.

Setelah selesai sarah sehan kurikulum beserta Dekan & Dosen staff tendik, di lanjutkan dengan kegiatan malam seni bersama.

Melanjutkan kegiatan di hari minggu 16-07-2023 dengan Outbond, di lapangan depan hotel arayanna.

Selasa 12-Juli-2023 KULIAH TAMU ” TINDAK LANJUT DAN IMPLEMENTASI PEMERIKSAAN KECELAKAAN KAPAL DI MAHKAMAH PELAYARAN    ” Fakultas Vokasi Pelayaran UHT.

 

Mengundang Bapak/Ibu, Saudara/I Dosen dan Staf Fakultas Vokasi Pelayaran, dalam Kuliah Tamu pada hari Rabu 12 Juli 2023, pukul 12.30 WIB, tempat Gedung GSG- UHT, Tenue hari Rabu. Demikian disampaikan terima kasih

Fakultas Vokasi Pelayaran PKS dengan PT.MERATUS WD III serta tim FVP Selasa 11-Juli-2023.

Persiapan Rapat Kuliah Tamu Selasa 12 Juli 2023, dengan tema hari PELAUT SEDUNIA.

Kegiatan rapat koordinasi reakreditasi Prodi TROK Senin 10-Juli-2023.

Senin 10-Juli-2023 Kegiatan pengarahan UAS setelah apel pagi di pimpin Ka.Pusbin.

Kegiatan Paspora Alumni beserta Taruna FVP 8-Juli-2023 di Surabaya.

 

Rapat koordinasi kuliah tamu 05-Juli-2023, Kegiatan akan di laksanakan pada tgl 12 Juli 2023, tempat pelaksaan di Gedung Serba Guna Universitas Hang Tuah.

Rabu 5 Juli 2023 Ceremony Day Of The Saefarer, FAKULTAS VOKASI PELAYARAN Semua Jajaran Dekan,WDI,WDII,WDIII, Beserta Seluruh Tendik.

Selasa 4-Juli-2023 Selamat Datang Tim Asli Suroboyo, untuk explorer Faklutas Vokasi Pelayaran, dengan di sambut oleh Bapak Dekan FVP UHT dan Riview Fasilitas Kelengkapan Laboratirum dan Alat Simulasi.

 

Rapat Kegiatan Persiapan Selasa 04-Juli-2023 ReAkreditasi FVP .

Kegiatan Pengarahan Dosen Wali Ta.2022/2023, Senin 3- Juli-2023 Dekan Berserta Seluruh Dosen FVP.

Kegiatan Selasa 27 Juni 2023, Rapat Persiapan UAS Semester Genap Ta.2002/2023.

Hari senin tgl 26 Juni 2023 kegiatan Pembekalan PRADA / PRALA di Gedung Pulau Selaru.

\

Kegiatan Kampus edufair di GSG UHT (Gedung Serba Guna), Bersama Nopek Novian ( Stand Up Comedy) Berjalan dengan Sukses (22/06/2023).

 

Taruna MPLM (Manajemen Pelabuhan & Logistik Maritim) FVP, Pada Tanggal 22 Juni 2023 Melaksanakan Kunjungan Ke PUSPEKNUBIKA (Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia).

Universitas Hang Tuah Present
Yuk Healing ! Ngobras Bareng

Nopek Novian
@nopeknovian

Yuk ngobrol santai bareng Nopek Novian membahas
“Siap Menjadi Mahasiswa Baru”

HTM : 75K 🎉
FREE ! Dengan menunjukkan Kartu Tanda Peserta SNBP atau UTBK-SNBT ✨
Benefit : Snack dan Merchandise

Dapatkan juga :
– 36% Potongan Formulir PMB UHT
– Beasiswa 50%*
– Konseling Psikologi

22 Juni 2023
Graha Samudra Ganesa
Jl. Arif Rahman Hakim 150 Surabaya
Open Gate : 13.00 WIB

Daftar sekarang juga
info.hangtuah.ac.id/ngobras

Syarat dan ketentuan bisa melihat slide kedua

CP : 085733099894 (Elva)

#UniversitasHangTuah #UHT
#Healing #Ngobras #Nopek #NopekNovian
#PMB #MahasiswaBaru #SMA #SMK #kampusmilenial #beasiswakuliah #ayokuliah #kuliahsambilkerja
#BanggaUHT #UHTJaya #KampusLautBiru #KampusMerdeka

Pada hari Rabu tgl 14 Juni 2023, Taruna FVP melaksanakan PKL hari ke 2 di Koarmada II, bertempatkan di KRI Makassar.

Pada hari selasa 13 Juni 2023, Taruna Fakultas Vokasi Pelayaran tiga prodi, menjalankan Praktek Kerja Lapangan.

Pertandingan Olahraga Dies Natalis UHT ke 37, Taruna/i Fakultas Vokasi Pelayaran memenagkan juaran 1 Lomba Futsal & Badminton.

Fakultas Vokasi Pelayaran, Kegiatan dalam rangka makan siang bersama dan di meriahkan musik akustik dengan Sambutan Bapak Dekan FVP.

Minggu 28 Mei 2023 Civitas Akademik Universitas Hang Tuah, Tendik & Dosen mengikuti Dies Ke 36 UNIVERSITAS HANG TUAH Fakultas Vokasi Pelayaran Juara 2 Lomba Bazzar .

Sabtu 27 Mei 2023 Taruna Fakultas Vokasi Pelayaran, Mengikuti kegiatan Surabaya Vaganza hari jadi kota Surabaya 730.

Jum’at 19 Mei Penandatanganan MOU dengan PELNI, Dekan FVP berserta WD III

Minggu 13 Mei 2023 Taruna FVP, Kegiatan BBPMP Sinergi Penguatan Sistem Program Merdeka Belajar Prov.Jatim.

Pelaksanaan BON VOYAGE 57 Fakultas Vokasi Pelayaran-UHT, 10-05-2023 dengan Dekan FVP berserta Rektor jajaran WR 1,WR 2 dan WR 3 dan seluruh Dekan,Ka. Satker Rektorat.

 

 

Kamis 13-04-2023 FVP telah melaksanakan kegiatan buka puasa bersama.

Selasa 11-04-2023 Yayasan Nala dan Fakultas FVP Universitas Hang Tuah,Mengadakan wasrik Tahunan.

Jum’at 31-03-2023 Rapat Tim PAK, Bersama Dekanat dan Operator FVP.

Jum’at 17-03-2023 Taruna FVP Mengikuti Pelatihan K3 di Kelas Bersama Gedung Selaru.

Selasa 14-03-2023 Upacara di lapangan FVP, Dekan FVP berserta semua tenaga kependidikan hadir,dalam acara penyematan Taruna IPK tertinggi di tiap Prodi,TROK TRPK dan MPLM.

Kegiatan FVP zoom dengan Dishub 10-03-2023 Pelatihan Pelaut.

Kegiatan FVP (Fakultas Vokasi Pelayaran) 7-03-2023 Bersama LPPM mengadakan terkait publikasi, jurnal internasional bereputasi.

Jum’at 03-03-2023 Kunjungan WD I dan WDIII FVP ke PHC PT Pelindo Husada Citra.

Jum’at 24-02-2023 Kunjungan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP), hari ini sedang menuju ke gedung Rektorat, bertemu dengan Rektor UHT & Dekan FVP

PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang) Sudah menuju ke gedung FVP, Temu Akrab dengan Dekan FVP.

Rabu formasi lengkap rapat koordinasi,dengan dekan FVP di kantin BOCA dan persiapan smtr genap 2022/2023.

Hari Jum’at 17-02-2023 ada kunjungan, dari POLI TEKNIK BUMI AKPELNI ke FVP UHT.

Sosialisasi BKD Gasal 2022/2023 Pada hari kamis,16 februari 2023

Pada hari selasa tgl 14-02-2023, Dekan dan Staff Batalyon mengadakan zoom meeting,dengan Wali/Orang Tua Mahasiswa.

Pada hari selasa tgl 14-02-2023 Tim Promosi dan Taruna dari FVP Bergerak ke Pulau Bawean, Ke SMAN 1 Sakapura.

 

Sosialisasi aplikasi Simpel – Pehubungan laut. Pada hari kamis, 9 februari 2023

Selasa 24-01-2023 Penandatangan MOU Kerjasama KSU TG. Perak Surabaya Dan Stakeholder (Di Politeknik Pelayaran Surabaya)

Pada hari Jum’at tgl 30-12-2022, Fakultas Vokasi Pelayaran telah dilaksanakan Approval Dinas Perhubungan Laut.

Pada hari rabu tgl 16-12-2022, Pembukaan LDK Taruna/i Angkatan 2022 di Lapangan Upacara Fakultas Vokasi Pelayaran-Universitas Hang Tuah.

Pada hari rabu tgl 14-12-2022 Upacara Serah terima jabatan komandan batalyon dan tambur mayor XXXIV ke XXXV, di Lapangan upaca Fakultas Vokasi Pelayaran.

Pada hari senin tgl 12-12-2022 Upacara penyematan kenaikan 1 tingkat dan brevet penghargaan, di Lapangan upaca Fakultas Vokasi Pelayaran.

Pada hari senin tgl 21-11-2022 kunjungan ke Kampus UHT, kami kedatangan tamu dari Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo,Mengunjungi Fakultas Vokasi Pelayaran.

Kegiatan akhir penutupan berserta Dekan FVP Tanggal 17 November 2022 FVP Prodi MPLM telah mengadakan, kerjasama & seminar (Simulasi Impor) taruna/i MPLM bersama DISPERINDAG

 

Kegiatan Tanggal 15 November 2022 FVP Prodi MPLM telah mengadakan, kerjasama & seminar (Simulasi Impor) taruna/i MPLM bersama DISPERINDAG

Penutupan pelatihan ekspor ,dari kemendagri di hadiri oleh Bapak Dekan FVP (Fakultas Vokasi Pelayaran) Universitas Hang-Tuah.

 

 

Awal Kegiatan Bulan November Tanggal 1-4 FVP Prodi MPLM telah mengadakan, kerjasama & seminar taruna/i MPLM bersama DISPERINDAG.

 

Kegiatan Barakuda Renang & Selam 2022 di laksanakan pada tanggal 21 bulan oktober

 

Bulan Pengabdian Masyarakat FVP (Fakultas Vokasi Pelayaran),Tiga Prodi TROK,TRPK,MPLM Telah Melaksanakan Tugas Pengabdian Masyarakat Di Kec.Kamal-Madura 11-08-2022

TROK : Pelatihan Teknik Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan di Pesisir Kamal Madura

TRPK : PELATIHAN PENGELASAN DAN PERAWATAN KAPAL NELAYAN

MPLM : PEMASARAN BISNIS DI ERA DIGITAL 4.0 DI WILAYAH PESISIR

Bertepatan Tanggal 2-4 Agustus 2022,FVP Survilance Assesment Lapangan dari BAN PT dan Dirjen Vokasi

Pada Hari Rabu 6 Juli 2022, Taruna FVP dan Komcad Melaksanakan Study Lapangan di KRI Teluk Ende dan AAL

Pada Hari Senin 27-06-2022, Taruna FAKULTAS VOKASI PELAYARAN yg telah mengikuti KOMCAD (Komando Cadangan) Matra Laut,Kembali Ke Kampus untuk Mendapatkan Arahan dari Bapak Dekan,WD I & Ka.Pusbin

 

Kunjungan Praktek Kerja Lapangan Prodi Taruna/i (Manajemen Pelabuhan Logistik Maritim) Ke Teluk Lamong-Surabaya

Kunjungan Fakultas Vokasi Pelayaran UHT Ke SMK Pelayaran Brajaguna-Bangkalan Madura

FAKULTAS VOKASI PELAYARAN (TRPK & TROK) Universitas Hang Tuah Study Kerja Lapangan

DRUM CORPS Gita Jalasena Fak.Vokasi Pelayaran UNIVERSITAS HANG TUAH

 

 

Bimbingan Teknis Mekanisme Pengisian Instrumen Survielen D4 Program Diploma Pelayaran UHT Jakarta 23-24 Maret 2022

 

BON VOYAGE-55 Program Diploma Pelayaran UNIVERSITAS HANG TUAH (18-Maret-2022)

Monev Pehubla 17-Maret-2022

Pelatihan PIB & PEB dari PT.EDII tgl 13-16 Desember 2021

 

Kunjungan Prodi Manajemen Pelabuhan Ke Panti Asuhan Muhammadiyah KH. AR. FAKHRUDDIN

Syahbandar Goes To School And Campus

STOWAGE PLANNING UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PELAYARAN 2021

Welcome Speech REKTOR UHT Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR
Keynote Speaker 1 : Capt Hadi Supriyono, Sp.1., M.M., M.Mar.
Keynote Speaker 2 : Dr. Ing. Setyo Nugroho
Moderator : Ari Sriantini, S.Pd., M.Pd., ANT-II

Sambutan Dari REKTOR UHT Laksamana Muda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR

Pengabdian Kepada Masyarakat (PDP) 2021

Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Desa Tambak Rejo Kec.Sumbermanjing Kab.Malang

 

Kuliah Umum (“Tantangan Dunia Maritim di Era New Normal”)

Pembukaan & Sambutan dari Rektor Universitas Hang Tuah

Pemateri 1. Capt Dwiyono Soeyono,M.Mar

Pemateri 2.Bimbang Agus Purnomo,M.Mar.E

Pemateri 3.Dr.Ir.Sudirman,S.Ip.,MH.,MAP

Penutupan

Pada Tanggal 7-06-2021 Workshop Kurikulum Re-Dsign,Penyusunan RPS 

 

Pada Tanggal 15-04-2021 Penyematan PIN Taruna/taruni berprestasi Periode Gasal 20/21

 

 

 

 

Kegiatan Barakuda 2020 Pantai Pasir Putih Situbondo Jawatimur

13 Maret 2020 Bon Voyage 51

Kegiatan Bon Voyage ke 51 Perwira Muda Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah(PDP-UHT), di ikuti oleh Peserta Upacara 91 Perwira Muda dari Program Studi (Prodi) Studi Nautika sebanyak 76 taruna dan Prodi Permesina Kapal (Teknik) sebanyak 15 taruna, kemudian Taruna Angkatan 2017, DrumBand Gita Jala Sena PDP-UHT, dengan Inspektur Upacara adalah Bapak Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.I.P., S.E., M.H., M.A.P.

Undangan Kegiatan Bon Voyage selain dari para Orang Tua Wali Taruna juga dihadiri dari Stakeholder, Akademi Pelayaran dan SMK Pelayaran, Alumni PDP-UHT dan para Dosen.

Kebutuhan SDM kemaritiman sesung­guh­nya memiliki ca­kup­an yang cukup luas, yakni tenaga ahli pelayaran (trans­portasi laut), kepelabuhanan, perkapalan, permesinan, tekno­logi penangkapan ikan, teknologi budidaya laut dan teknologi pengolahan produk kelautan. Tenaga pelaut yang bekerja di luar negeri sudah memiliki sertifikat keahlian yang diakui se­cara internasional baik tingkat ranting maupun tingkat perwira, seperti yang disampaikan oleh Bapak Rektor Universitas Hang Tuah.

Strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu merapkan Sistem Belajar Yang Berkualitas; Memiliki Kemandirian Dalam Belajar; Kecerdasan Emosional; Berinvestasi Dalam Putaran Waktu; Kecerdasan Spiritual. Dengan strategi yang diterapkan diharapkan para lulusan dapat menjadi tenaga kerja profesional dibidangnya. “BRAVO PROGRAM DIPLOMA PELAYARAN-UNIVERSITAS HANG TUAH”

 


04 – 08 Maret 2020 kunjungan lapangan Program Diploma Pelayaran

Dalam rangka Pelaksanaan Prokera Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah (PDP-UHT) t.a. 2019-2020 serta untuk menambah wawasan tentang Manajemen Kepelabuhan dan Kegiatan Operasional Bongkar Muat dari dan ke Kapal bagi Taruna Program Studi (Prosi) Studi Nautika, Permesinan Kapal (Teknika) dan Manajemen Pelabuhan (KPN) pada tanggal 04 Maret sampai dengan 08 Maret 2020 telah dilaksanakan Kegiatan Kunjungan Lapangan.

Kunjungan Lapangan tersebut diikuti oleh 238 peserta Taruna/i dari 3 Prodi PDP-UHT dan 10 Dosen Pendamping, kunjungan lapangan meliputi (1) PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT. BJTI), (2)Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak, (5) Distrik Navigasi Klas 1 Surabaya, (3) PT. Pelindo Marine Service (PT. PMS), (4) Distrik Navigasi Kelas 1 Surabaya, (5) PT. Antekusuma Inti Raharja (PT. AIR) (6) PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk, (7) PT. ASDP Indonesia Ferry Padangbai, (8) PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa Bali, Surabaya.

 

Kunjungan hari pertama 4 Maret 2020 Prodi KPN di PT. BJTI Surabaya

 

 

kemudian dilanjutkan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak

 

 

Prodi Teknika pada hari yg sama mengadakan Kunjungan Lapangan di PT. Pelindo Marine Service (PMS), kemudian dilanjutkan ke PT. Antekusuma Inti Kusuma (PT. AIR)

 

Prodi Nautika melakukan Kunjungan di Distrik Navigasi Kelas 1 Surabaya

 

 

 

 

Perkuliahan di Kampus tidak selalu berkutat di laboratorium dan ruang kelas, Taruna/i PDP-UHT justru harus memiliki banyak pengalaman lapangan karena dunia kerja Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan bukanlah dunia teori.

pada tanggal 5 Maret Prodi Nautika dan Teknika melakukan Kunjungan Lapangan di PT. ASDP Indonesia Ketapang – Gilimanuk

Untuk menambah kemampuan Taruna/i kami menyelenggarakan beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan dunia kerja seperti Kunjungan Lapangan/Industri , tentunya Kunjungan ini nggak hanya jalan-jalan semata lho! Kegiatan ini banyak banget manfaatnya terutama bagi Taruna/i PDP-UHT.

 

 

5 Maret 2020 Prodi KPN Kunjungan Lapangan di PT. ASDP Indonesia Padangbai Bali

berikut 5 manfaat Kunjungan Lapangan/ Industri bagi Taruna/i PDP-UHT :

1. Mengenalkan kondisi terkini dunia kerja kepada taruna/i
2. Memberikan gambaran aplikasi langsung dari berbagai mata kuliah
3. Membandingkan teori yang didapat dikelas dengan kondisi di dunia kerja
4. Ajang berbagi informasi terkait sertifikasi yang diperlukan di dunia kerja
5. Kunjungan Lapangan/Industri Memperluas pengetahuan Taruna/i di lingkungan dunia kerja Pelayaran Niaga, Kepelabuhanan dan Tata Laksana.

6 Maret 2020 Kunjungan Lapangan di PT. Pelindo III Cab Benoa Bali diikuti oleh Prodi Nautika, Teknika dan KPN

 


16 Oktober 2019 Sertijab dan Sertilat Batalyon PDP-UHT

Sertijab Tambur Mayor Taruna PDP UHT bisa menjadi Daya Tarik Edu Wisata Maritim Surabaya www.hangtuah.ac.id

Parade Surya Senja merupakan sebuah simbol satu tradisi upacara dari pelaut, dimana tata pelaksanaan acaranya kali ini dilakukan oleh lembaga pendidikan Taruna Kemaritiman dari Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih, Surabaya.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan, PDP telah menempatkan secara khusus upacara ceremonial nya di lokasi lapangan Batalyon Korps Taruna halaman Gedung Pulau Manterawu PDP, pada sore hari tepat saat matahari senja mulai tenggelam di ufuk arah sebelah barat, Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam Pidato amanat Inspektur Upacara, Direktur PDP Djamaluddin Malik, SE., M.AP., ANT-II selaku mewakili Rektor UHT Dr.Ir. Sudirman, S.IP.,SE.,M.AP., MH. di hadapan seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir: “Serah terima jabatan di lingkungan Korps Taruna, adalah merupakan sebuah cerminan tradisi pembelajaran cara memimpin dalam sebuah organisasi serta pembelajaran dalan menerima sebuah amanah dan merupakan satu wadah pembentukan karakter pribadi yang tidak jauh dari sebuah nilai Tanggap (Unggul dalam ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam ber akademik), Tanggon (Unggul dalam sikap, perilaku dan kepribadian) dan Trengginas (Unggul dalam samapta, Fisik, ketaatan dalam peraturan dan kedisiplinan)”.

 

“Tradisi serah terima Jabatan staf Batalyon dan serah terima alat Drum Korps Jala Sena PDP merupakan satu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi Korps Taruna PDP, tradisi yang baik ini patut di pertahankan di kembangkan dan di teruskan dari generasi senior kepada generasi yunior, tentunya dengan satu tujuan, agar Taruna bisa menumbuh kembangkan rasa kesoliditasan jiwa Korsa pengawak alat, dan tetap bisa menjaga nama harum dari Drum Corps Jala sena PDP sendiri”.

 

Acara Upacara Parade Surya Senja Korps Taruna PDP diakhiri dengan Demo atraksi Tarian massal yang diikuti 250 (Dua Ratus Lima Puluh) Taruna dan Taruni angkatan 31 dan 32 PDP UHT, mereka bergoyang bersama tarian Maumere, Tari Kecak dan Manuk Dadali serta Demonstrasi Display Drum Korps Jala Sena di hadapan hadirin undangan dan masyarakat yang hadir.

ks.humas@uht.

 


17 September 2019 | Pelatihan Kewirausahaan & Pembekalan Masuk Dunia Kerja

EQWIP HUBs bekerjasama dengan Dinas Sosial adalah jaringan global yang membuka ruang inovasi yang menghubungkan dan mengubah lintasan ekonomi kaum muda melalui keterampilan kerja yang digerakkan oleh pasar dan inkubator kewirausahaan, program responsif gender, mentorship, jaringan, dan hibah untuk pengusaha baru.

Pelatihan Kewirausahaan & Pembekalan Masuk Dunia Kerja di buka oleh Direktur PDP Bapak Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. Bapak Djamal panggilan akrab Direktur PDP menekankan agar Taruna/i PDP pada umumnya dan Taruna/i Program Studi Manajemen Pelabuhan (KPN) pada khususnya dapat menyerap ilmu dari Pelatihan ini, karena Materi Kewirausahaan adalah Penting dan sangat berguna. Di harapkan PDP melalui Universitas Hang Tuah nantinya dapat melakukan Mou dengan Eqwip Hubs sehingga Peserta Didik – Taruna/i dapat mengetahui wawasan di Dunia Kerja sebagai bentuk Informasi Terkini dalam persaingan Global.

 

acara tersebut digelar selama 2 hari tanggal 17-18 September 2019

 


05 September 2019 | Pelatihan Prosedur Pemasaran Ekspor

Dalam rangka menambah Skill dan Kompetensi Taruna/i Program Diploma Pelayaran (PDP) Program Studi Manajemen Pelabuhan (KPN), Universitas Hang Tuah Surabaya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPN) mengadakan Kegiatan Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor.

 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 36 calon Perwira Muda yang akan di Wisuda akhir September mendatang, kegiatan ini bertujuan untuk membekali mereka saat akan terjun ke dunia kerja agar mempunyai ketrampilan ekstra dan sebagai bentuk Survive dalam persaingan dunia kerja, serta sebagai penunjang Nilai Kredit Point Mahasiswa.

Kegiatan Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 September yang dimulai pukul 08.30 sampai dengan 17.00. Nara Sumber pada hari pertama adalah Bapak Antoni Tampubolon, SE. beliau adalah seorang Praktisi dan menjabat sebagai Direktur PT. Sahabat Utama Indonesia, selain itu beliau juga seorang Pengajar di Perguruan Tinggi di Jakarta.

 

Di hari kedua menghadirkan Nara Sumber Ibu Laily Suharlina Mahalli Seorang Praktisi dan Owner CV. Kokulayana, Handicraft Exporter, kesibukan yang lain Beliau adalah sebagai Pengajar di Perguruan Tinggi dan sebagai Pengembangan Produk Ekspor di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia.

Sedangkan pada hari ketiga menghadirkan Nara Sumber  dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Ibu Rahayu Widyantini, beliau juga seorang Praktisi di beberapa Perusahaan di Jakarta.


28 Agustus 2019 | Pengabdian Masyarakat Program Diploma Pelayaran

Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya (PDP-UHT) telah melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa  (PENMAS Mahasiswa) PDP-UHT di daerah Pesisir Pantai Utara Pulau Madura yaitu di Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Bangkalan pada tanggal 28 Agustus 2019.

 

 

 

 

Kegiatan PENMAS Mahasiswa PDP-UHT yang diselenggarakan oleh Mahasiswa PDP Korps Studi Nautika (Nautika), Permesinan Kapal (Teknika) dan Menajemen Pelabuhan (KPN) dari Taruna/i Tingkat I Angkatan 2018 Tingkat II Angkatan 2017 ini adalah agenda tahunan Program Kerja Batalyon Taruna PDP-UHT. Pada tahun ini Batalyon Taruna menerapkan Konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana dalam penyebutan nama di tahun yang lalu adalah Bhakti Sosial Mahasiswa PDP-UHT yang pelaksanaannya memakan waktu 3 hari dengan membuatan sarana fisik umum di desa terpencil sekitar Jawa Timur namun di tahun ini berubah menjadi Pengabdian Masyarakat (PENMAS) Mahasiswa PDP-UHT kemudian Konsep yang baru saat ini adalah para Mahasiswa di dampingi langsung oleh para Dosen Perwakilan dari Prodi Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan (KPN).

 

Kegiatan PENMAS ini di bagi menjadi tiga (3) Sesi yang berlangsung bersamaan dan di tempat yang berbeda. Prodi Nautika di Lokasi Balai Desa Gebang – Bangkalan yang diikuti oleh 20 orang peserta dari nelayan setempat memberikan sosialisasi Peran Masyarakat dalam bidang Maritim yang dipaparkan oleh Taruna/i Koprs Studi Nautika di dampingi Dosen sebagai Nara Sumber. Prodi Permesinan Kapal (Teknika) di Lokasi Pantai Desa Gebang Bangkalan melaksanakan kegiatan Pengelasan membuat Jangkar yang diikuti oleh 26  nelayan setempat, Pelatihan tersebut di bimbing oleh Instruktur dan Dosen Pendamping. Prodi Manajemen (KPN) memberikan Sosialisasi kepada Siswa kelas 12 SMAN 4 Gebang tentang Peran Pemuda-Pemudi dalam Bidang Maritim di Aula SMAN 4 Gebang Bangkalan yang dipaparkan oleh Taruna PDP yang didampingi oleh Dosen sebagai nara sumber dan perwakilan Guru SMAN 4 Gebang, kegiatan tersebut disambut sangat antusias para siswa-siswi karena perolehan Calon Taruna/I PDP-UHT terbanyak adalah di pulau Madura.

 

PENMAS Mahasiswa di Desa Gebang Bangkalan turut di hadiri Direktur PDP-UHT Bapak Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. , Wakil Direktur I, II dan III serta Ka. Prodi Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan , Aparat Desa Gebang Bangkalan yaitu Kepala Desa Gebang beserta Staff. Acara PENMAS Mahasiswa ditutup dengan penyerahan Life Jacket sebanyak 20 buah dan 1 Set Mesin Las kepada nelayan di desa gebang bangkalan.

 

 


13-14 Agustus 2019 | Sarasehan Dosen dan Workshop RPS PDP-UHT

 

 

 

 

 

 

 

 

Alhamdulillah akhirnya Sarasehan Dosen dan Workshop RPS Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah ( PDP-UHT) dapat dilaksanakan setelah sekian lama tertunda, Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari satu malam yaitu pada tanggal 13 – 14 Agustus 2019 di Puncak Ayanna Hotel & Resort. Acara tersebut dibuka oleh Direktur PDP-UHT Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. , yang didampingi oleh Wakil Direktur I, II dan III, sementara Peserta Sarasehan dan Workshop adalah Dosen Tetap dari 3 Prodi PDP-UHT yaitu Prodi Studi Nautika, Prodi Permesinan Kapal dan Prodi Manajemen Pelabuhan, Ka. Tata Usaha dan Staf PDP-UHT.

 

Semangat para Dosen Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah Surabaya seakan tak kunjung padam, bagaimana tidak dalam waktu dua hari satu malam mereka dituntut bisa menyelesaikan pembuatan Rancangan Pendidikan Semester (RPS) dengan waktu terbatas. Hehehe…tidak sedramatisir itulah tentunya RPS memang sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum Acara Workshop, jadi disaat Workshop dimulai tinggal finishing saja.

 

 


08 Agustus 2019 | Kuliah Tamu-Kuliah Pakar dan Seminar Mahasiswa PDP-UHT

Kuliah Tamu Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah Surabaya (PDP-UHT) pada hari Kamis, 08 Agustus 2019 dengan Nara Sumber Capt. Rudiana, Beliau adalah Ketua Umum Dewan Penguji Keahlian Pelaut. Adalah peluang yang langka yang dimiliki oleh PDP-UHT karena pada kesempatan kali ini dapat menghadirkan Capt. Rudiana sebagai Pembicara yang tentunya sangat ditungu-tunggu untuk dapat memberikan Pembekalan dan menimba Ilmu dari Beliau walaupun dengan waktu yang singkat. Namun Taruna-taruni PDP-UHT sangat antusias dan menyimak dengan seksama apa yang disampaikan.

 

Pada sesi ke-Dua adalah Kuliah Pakar yang disampaikan oleh Bapak Hidayat ANT-II., SE. Beliau adalah salah satu Founder dan Owner of Freight Forwading and Shipping Company sekaligus sebagai Dosen pada Perguruan Tinggi Pelayaran, Beliau menyampaikan Peluang Karir calon Lulusan Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan saat mereka usai menyelesaikan Studi D3 dan Pelaut.

 

Pada Sesi ke-Tiga adalah Kegiatan Seminar Mahasiswa yang menampilkan 3 Pemakalah masing -masing adalah perwakilan dari Taruna-taruni lulusan terbaik diantaranya adalah : Farid Heraspati dari Prodi Studi Nautika, Fadli dari Prodi Permesinan Kapal dan Fitri Wijayanti dari Prodi Manajemen Pelabuhan. Mereka bertiga memaparkan dari Hasil Karya Tugas Akhir kepada para Junior Taruna-taruni PDP-UHT.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *